7:27:00 PM
0
sedikid share ni tentang something yang gw punya, hehee
buad kale ini gw mau jelasin tentang Script code buad meng-copy file, image atau objek yang laen secara otomatis yang di eksekusi di source code.
silahkan simak dengan seksama ya, jangan pada RIBUd.., hihiii :D

pertama kita buad variabel untuk objek yang akan kita gunakan di setiap tombol yang akan meng-eksekusian. biasanya sii di tulis di bagian paling atas code, :D
nii scriptnya :
  1. Option Explicit
  2. Dim FSO As Object
  3. Dim CopyFileName As String

  • Buad baris pertama dia cuma pilihan yang ngga begitu penting, tapi biasanya kode pada baris pertama bakalan bikin program yang kita jalanin error kalu ada suatu MSGBOX dengan 2pilihan, misalnya (Yes or No). jadi lebih baik sii yang baris pertama ga usah ditulis.
  • nahh, dibaris kedua kita buad suatu objek yang dikasih nama FSO dari singkatan File Object System. tp itu si terserah kita mau kasi nama apa ajah!!.  FSO ini akan kita panggil ketika kita mau meng-Eksekusi suatu perintah tantang peng-copy'an atau menduplicate kan data.
  • di baris ke3 kita buad jugga variabel string yang diberi nama CopyFileName, nanti sebuah nama dari salah satu objek akan diwakili oleh nama ini dengan bersangkutan dengan FSO.

Kedua. ini code yang inti dalam pembahasan ini. coba dee simak, perhatiin baik-baik. tp jgn ampe ngacaii ya. wkwkwkwkkkkk

  1. CopyFileName = "" + ???  + "\" + !!! + ".000"
  2. Set FSO = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")
  3. FSO.copyfile App.Path & "\Gambar\" + "???" + ".jpg", CopyFileName

  • pada baris pertama di fokuskan untuk memilih suatu objek, seperti pada  tanda ???  maksudnya adalah tempat lokasi direktori atau folder dimana objek yang akan di copy atau yang akan kita duplicate kan, 'contoh c:\new folder\Tugas.       sedangkan pada tanda  !!!  maksudnya nama file yang akan kita copy atau duplikatkan dari dalam direktory yang telah kita pilih sebelumnya. contoh kita akan menduplicate kan gambar dengann nama  NARUTO.     dan pada tanda .000 maksudnya sebuah ekstensi file yang akan kita copy, contohnya .JPG...           Jadi maksud dari 3 tanda tadi jika kita gabungkan seperti ini          = "" + ???  + "\" + !!! + ".000" ,  maka hasilnya akan menjadi  c:\new folder\Tugas\NARUTO.JPG .
  • di baris ke 2 ini kita Seting sebuah objek yang bernama FSO yang telah kita buad. pokonya ga beda jauh sama ketika kita buad recordset pada kata RS.
  • nahh, peng-copy'an berjalan ketika script di barisan ini dijalankan (RUN).Perhatukan code di baris ke-3,dengan nama FSO yang telah kita buat, kita akan meng-copynya ke suatu direktory dimana aplikasi ini disimpan  yang di tulis dengan app.path. lalu dimasukan laggi ke dalem folder Gambar, tanda ??? maksudnya adalah nama file yang akan kita ubah jika kita ingin meng-ubahnya. contohnya kita bisa isi text1.text . maka apa yang ada di text 1 itu adalah sebuah nama objek yang kita simpan dari peng-copy'an tadi. sedangkan .JPG  itu nama ekstensinya. lalu pada code BkpUpFileName itu memanggil dari baris pertama.

dan selesai dahh cara peng-copy'an suatu objek secara otomatis.
semoga bermanfaat. :D hihihiiiii

oiia, afwan kalu ada kekurangan. :D
jika ada kritik, saran ato pertanyaan, bisa komen atau kirim di WALL penulis. hahahahahaaaaaaaaaa
oiaa, yang mau contoh programnya jugga boleh. :D

cukupp sekiand dan terima kasi. wasalam.

copyright@firmansyahdiar 2011  :D

Warnig : Dilarang tertawa melihat penjelasan ini. karena dapat menyebabkan Bingung. Wkwkwkwkwkwkkkk  :D

0 komentar:

Post a Comment