11:48:00 AM
2


Pernah mengalami error tersebut? Pasti bingung buat kita yang masih awam dalam bahasa pemprograman apalagi error tersebut tidak memberi tau dimana codingan kita yang dinyatakan error. Nah ternya itu bukan karna kodingan kita yang error tapi karna konfigurasi server yang memang membatasi variable data kita yang di imput.

Saya mendapatkan kasus seperti ini ketika membuat import data dari excel yang isinya hingga 800 baris lebih. Pas saya proses import berjalan dengan lancar tapi ketika proses penyimpanan tiba-tiba error seperti ini, dan saya baru sadar ketika import data masih saya simpan pada rows dan belum masuk ke database.

Untuk mengatasi solusi tersebut saya mengubah konfigurasi php.ini pada server lokal, dan saya juga membuat konfigurasi php.ini untuk di server agar program saya yang sedang di gunakan di server juga berjalan normal. Berikut ada 2 cara :


1.Mengubah "php.ini" LOKAL
Untuk kasus ini saya menggunakan paket sever xampp installer, temen-temen bisa bukan drive 

"(Drive Penginstallan Xampp) \xampp\php"
terus cari php.ini dan klik kanan edit. Terus cari kata "max_input_vars" dan rubah limit sesuai perkiraan kebutuhan temen-temen dan jangan lupa jika ada tanda " ; " dipojok kiri di hapus karna agar tidak di anggap komentar. 
; How many GET/POST/COOKIE input variables may be accepted
 max_input_vars = 1000
Setelah itu coba restart apache temen-temen dan taaarrraaaa berhasil

2. Membuat konfigurasi di SERVER
Untuk kasus ini temen temen bisa membuat file baru dengan nama "php.ini" di drive folder public_html yaitu direktory awal teman-teman. setelah itu buka dan paste kode berikut :
max_execution_time = 8000
max_input_time = -1 
memory_limit = 1024M  
max_input_vars = 10000
Setelah itu save dan buat satu file lagi sejajar dengan php.ini dengan nama ".htaccess". Lalu silahkan di coba lagi error tersebut akan hilang dan tak akan pernah muncul kembali. Hehe

Selamat mencoba. Semoga Bermanfaat ;) 

2 komentar: